Rabu, 21 Juli 2010

Info Post
oleh Feodor Petrov (<easthcath@mail.ru>), July, 2001 

Kali ini saya mengunjungi Komunitas Katolik Yunani Rasul Kudus Petrus dan Andreas di Moskow dengan tujuan khusus mengumpulkan sebanyak mungkin informasi akurat mengenai komunitas ini semampu saya. Saya menghadiri Liturgi Hari Minggu di komunitas gereja ini dan berbicara dengan pastornya, Bapa Andrey Udovenko dan isterinya di rumah mereka.

Komunitas ini adalah satu-satunya Komunitas Katolik Yunani yang dikenal di Rusia bagian barat daya (yang dipandang oleh Kuria Latin tidak sebagai paroki tapi pusat pastoral), setidaknya satu-satunya yang memiliki pastor Katolik-Yunani sendiri, yaitu Bapa Andrey. Meskipun terletak di Moskow, ibukota Rusia, hanya sedikit orang yang tahu mengenai komunitas ini.



Romo Andrey Udovenko

Bapa Andrey Udovenko lahir pada tahun 1961 dan tinggal di Mordovia (salah satu wilayah di Rusia). Dia adalah anggota Gereja Ortodoks Rusia dan seorang Imam Ortodoks sejak 1987. Dia menerima tahbisan imamatnya selama periode ketika aktivitas ekumenis Gereja Ortodoks Rusia tinggi dan hubungan ekumenis dengan Gereja Katolik bagus. Sama seperti kebanyakan imam yang ditahbiskan pada saat itu, dia cenderung ke katolik. (Situasi Gereja Ortodoks Rusia saat ini sungguh berbeda. Ada hal biasa bahwa Klerus Ortodoks di Rusia memandang Gereja Katolik rusak bahkan sesat, meskipun pernyataan resminya jauh lebih halus.)

Selama masa pelayanannya sebagai seorang Imam Ortodoks, KGB mencoba memaksa Bapa Andrey bekerja untuk mereka. Adalah hal biasa selama masa-masa tersebut bagi banyak Imam dan Uskup Ortodoks untuk bekerja bagi Organisasi menakutkan ini. Pejabat pemerintahan lokal yang disebut Wakil dalam Urusan Keagamaan, meminta dia bekerja untuk KGB, tapi dia menolaknya dan Uskupnya membuat kondisi hidupnya sangat sulit, terutama secara finansial. Dia juga diancam oleh uskupnya bahwa dia akan dilarang melaksanakan tugas-tugas imamatnya. 

Sementara banyak Imam ortodoks saat itu menginginkan berada dalam persatuan dengan Roma. Mereka sedang menunggu reunifikasi final (sembari) tetap setia kepada umat Ortodoks Rusia. Tapi ,dalam keadaan seperti ini, adalah mustahil bagi Bapa Andrey untuk menunggu lebih lama. Itulah kenapa dia meminta untuk diterima dalam Gereja Katolik sebagai seorang Imam Katolik Timur. Karena Gereja Katolik mengakui sakramen Ortodoks sungguh sah, dia diterima sebagai sebagai imam tertahbis tahun 1991. Sejak Maret 1992, dia ditempatkan di bawah yurisdiksi Metropolitan Lviv (Kepala Gereja Katolik Yunani-Ukraina) dan sebagai Imam Eparki Lviv.

Selama periode sulit sebelum dia menjadi Katolik secara de jure, dia sering mengunjungi kantor Uskupnya untuk bertanya apakah dia dilarang melayani atau tidak. Jawaban uskupnya selalu mengonfirmasi bahwa dia dapat melaksanakan tugas-tugas imamatnya. Akan tetapi, ketika ia menjadi Katolik pada Maret 1991, dia mempelajari keheranannya mengapa ia dilarang untuk melayani sejak Agustus 1990. Satu-satunya penjelasan yang dapat ia terima adalah Uskupnya mendekritkan kembali larangan mengenai hal tersebut. Hal itu adalah tahap terakhir hubungan resmi Bapa Andre dengan mantan Uskupnya. 

Bapa Andrey bersikukuh bahwa dia tidak mengubah imannya dan tidak juga menyerahkan ortodoksi-nya. Di sini ia mengikuti gagasan Vladimir Soloviev, yang juga adalah pendahulunya, seorang Katolik Timur Rusia pada permulaan abad ke-20. Mereka lebih memilih menyebut diri mereka “Ortodoks dalam persatuan dengan Roma” daripada “Katolik Timur”. Ini berarti mereka adalah sepenuhnya Ortodoks (dalam warisan liturgis, cara berpikir, spiritualitas dsb) dan pada saat yang sama sepenuhnya Katolik (mengakui Primat Paus Roma dan seluruh Iman Katolik, pengajaran tidak dapat sesat Gereja Katolik - meskipun dalam Katolik Timur pengajaran Gereja Katolik terkadang dapat diekspresikan dalam istilah yang sedikit berbeda dari Katolik Barat.)

Sebagai seorang Imam Katolik Yunani, ia mulai berkarya di Moskow dan membentuk komunitas barunya. Sekarang dia tinggal di Moskow bersama isterinya, Helena. Mereka belum mempunyai anak. Dia melayani komunitasnya sebagai seorang Pastor. Dia berkata bahwa saat ini dia berkarya hanya di komunitas tersebut. Dia untuk sementara waktu ditempatkan sebagai imam di Administratur Apostolik Latin The North of Rusia, di bawah yurisdiksi Ordinaris Latin. Seluruh Katolik Yunani di Moskow secara resmi berada di bawah pelayanan pastoral Bapa Andrey, meskipun hanya sedikit yang tahu tentang hal ini. Dia hidup bersama isterinya dalam apartemen satu kamar dan memiliki pendapatan relatif kecil. Ada hal menarik bahwa ia menjalin ikatan persahabatan dengan beberapa Imam Gereja Ortodoks Rusia. Hal ini mengindikasikan bahwa tidak semua dari mereka (Imam Gereja Ortodoks Rusia) merasa bermusuhan dengan Katolik Timur Rusia.

Bapa Andrey telah menulis beberapa buku, termasuk katekismus tidak resmi Katolik Yunani, sebuah buku menarik mengenai Ibadah dalam Tradisi Katolik Byzantin yang berjudul Mystagoggia (Greek “Explanation of the Sacraments), sebuah buku mengenai Kekristenan Mesir, dan sebuah kamus kekristenan. Semua buku ini, kecuali kamus, masih belum dipublikasikan dan Bapa Andrey berharap kelak suatu hari dia bisa mendapatkan uang dari publikasi buku-buku tersebut. Dengan mempertimbangkan bahwa hanya ada sedikit buku-buku Katolik Yunani bagus di Rusia, kita dapat dengan tulus membagikan harapan Bapa Andrey.

Komunitas Katolik Yunani Rasul Kudus Petrus dan Andreas

Akar komunitas ini sepenuhnya Rusia. Komunitas ini tidak dimulai oleh Misionaris luar. Komunitas ini muncul dan tumbuh di tanah Rusia. Bapa Andrey dan umatnya menganggap mereka sebuah Komunitas Ortodoks Rusia dalam Persatuan dengan Roma. Mereka memilih nama Komunitas Ortodoks-Katolik Rasul Kudus Petrus dan Andreas, meskipun mereka menyatakan diri mereka Komunitas Katolik Yunani dalam surat resmi mereka. Nama Ortodoks-Katolik memiliki akar sejarah yang amat dalam di Rusia. Ketika permulaan abad ke 20, Kelompok Katolik Timur yang pertama mulai ada di Rusia di bawah Beato Leonid Feodorov, Eksarkh mereka. Kelompok Katolik Yunani St. Petersburg menggunakan nama Orthodox-Catholic untuk gereja-rumah pertama mereka demikian juga dengan majalah mereka --- Sebuah Majalah Ortodoks-Katolik, “Word of Truth”. Bapa Andrey dan isterinya sangat cinta kepada orang-orang Rusia, dan Sejarah, Kebudayaan dan Warisan Gereja Rusia. Ortodoks-Katolik adalah sama dengan Katolik Timur (Kristen Ortodoks dengan kesetiaan kepada Roma), tapi istilah terakhir (ie Katolik Timur) secara historis tidak pernah digunakan dan sedikit buatan untuk bahasa Rusia. 

Nama komunitas ini sangat simbolis, karena Rasul Petrus adalah sumber dari persatuan Gereja dan mewakili Tahta Roma, dan Rasul Andreas secara tradisi mewakili Tahta Konstantinopel dan Tradisi Byzantin. Dia (Rasul Andreas) juga, berdasarkan legenda, adalah rasul yang mewartakan Injil di tanah yang suatu hari menjadi Ukraina dan Rusia.

Komunitas ini sendiri tidaklah besar. Ada sekitar 15-20 orang pada Vespers Hari Minggu biasa, sekitar 30-40 orang pada Liturgi Hari Minggu biasa, dan sekitar 25-30 partisipan pada pertemuan mingguan mereka di luar liturgi, yang akan dijelaskan nanti. Selama Paskah, yang mana merupakan perayaan paling penting dalam Tradisi Kristen, ada sekitar 80 orang yang hadir tahun ini. Karena tidak memiliki begitu banyak anggota, kehidupan komunitas ini sangat seperti keluarga. 

Semua anggota komunitas datang selama Bapa Andrey berkarya sebagai Imam Katolik Yunani. Kebanyakan dari mereka adalah orang-orang yang tidak percaya sebelum datang ke komunitas, hanya sedikit dari mereka adalah mantan anggota Gereja Ortodoks Rusia. Beberapa anggota sangat aktif dalam kehidupan komunitas dan banyak membantu Bapa Andrey dalam karyanya.

Sejarah Paroki

Komunitas ini dibentuk pada tahun 1991. Sejak Maret 1992, komunitas telah berada di bawah yurisdiksi dari Metropolitan Lviv (Gereja Katolik Yunani-Ukraina). Sejarah komunitas dimulai dengan pertemuan doa sederhana. Pelayanan liturgi dimulai beberapa waktu kemudian. Selama periode pertama dalam sejarah komunitas, Liturgi dan pertemuaan diadakan di sekolah negeri. Tapi hal ini kemudian menjadi mustahil. Sejak 1999, komunitas dipindahkan ke Yurisdiksi dari Ordinaris wilayah Gereja Latin. Pada sekitar masa ini, Suster-suster Missionaries of Charity yang memiliki sebuah rumah sakit untuk anak-anak cacat mental di Moskow memperbolehkan Bapa Andrey dan komunitasnya menyelenggarakan pelayanan Liturgi mereka (Vespers dan Liturgy Hari Minggu) di kapel Latin mereka di sana. Sekarang komunitas melanjutkan berkumpul di sana untuk Liturgi. Komunitas ini ada sebagai “pusat pastoral” untuk Katolik Yunani di Moskow di bawah Yurisdiksi dari Ordinaris wilayah Gereja Latin. Menurut hukum sipil, komunitas ini adalah kelompok keagamaan yang tidak terdaftar. Hal ini berarti mereka tidak dapat memiliki bangunan atau properti lainnya layaknya komunitas yang terdaftar. Satu-satunya hak yang dimiliki kelompok seperti ini adalah untuk beribadah dan untuk pemberian pendidikan agama kepada anggota-anggotanya.

  
Liturgi

Komunitas berkumpul untuk beribadah di Kapel Suster-suster Missionaries of Charity di ul. Chechulina 13b, Moskow. Vespers Sabtu diadakan setiap pukul 18.00 dan Liturgi Minggu diadakan setiap pukul 09.00. Komunitas secara liturgi adalah Ortodoks Rusia, yang berarti komunitas menggunakan liturgi yang sama (termasuk kalender liturgi yang lama, berpuasa berdasarkan tradisi Ortodoks Rusia, dan bahasa Church-Slavonic sebagai bahasa liturgi) dengan yang digunakan oleh Gereja Ortodoks Rusia. Tentunya Paus dan Ordinaris Latin disebutkan selama doa-doa liturgis, bukan Patriarkh Moskow. Latinisasi tidak diakui dalam liturgi, yang mana sangat penting bagi Bapa Andrey demikian juga bagi umat Kristen Timur, terutama Ortodoks, dalam menghadiri liturgi. Ada beberapa perubahan kecil dalam ritus yaitu Injil dibaca dalam bahasa Rusia, bukan bahasa Church Slavonic, dan umat dapat duduk sepanjang homili/khotbah. Tapi hal ini dibuat sesuai dengan tradisi timur lama dan terhormat, yang tidak lagi digunakan di Gereja Ortodoks Rusia.

Menghadiri Liturgi Hari Minggu di Paroki ini adalah pengalaman yang menggairahkan. Kamu dapat merasakan persatuan yang sangat kuat antara partisipan, iman mereka yang mendalam, perasaan semakin personal daripada selama Liturgi Gereja Ortodoks Rusia biasa. – mungkin karena komunitas ini agak kecil. Nyanyian liturgi yang digunakan sepanjang liturgi sangat tradisional. Nyanyian-nyanyian ini cukup sederhana tapi dinyanyikan oleh seluruh umat – ini berbeda dengan kebiasaan di sebagian besar Paroki Ortodoks. Tentunya Komuni diterima dalam dua rupa, seperti yang dipraktekkan oleh semua Kristen Timur (termasuk Kristen Ortodoks).

Di luar Sakramen-sakramen

Perkumpulan doa yang memulai sejarah komunitas masih diselenggarakan. Sekarang ini mereka mengadakannya pada Minggu Malam. Mereka memulai dengan lagu-lagu gitar, dinyanyikan oleh anggota komunitas dan tamu. Setelah itu, empat anggota komunitas bergiliran menyampaikan pemikiran mereka dalam bentuk khotbah. Bapa Andrey berkata bahwa berdasarkan Tradisi Gereja Slavonic, hanya laki-laki yang memiliki reputasi baik (tidak dalam dosa nyata, mengambil bagian dalam kehidupan komunitas, tidak merokok dsb) yang diberi hak untuk membuat semacam khotbah umum selama pertemuan ini. Kemudian Perjanjian Baru dibacakan dengan keras. Setiap pertemuan, satu bab dari Perjanjian Baru dibaca dan didiskusikan, sehingga seluruh Perjanjian Baru dapat dibaca selama tujuh tahun. Setelah membaca, setiap orang yang hadir dalam pertemuan dapat membagikan pikiran dan perasaan mengenai bab yang dibaca. Kemudian partisipan berdoa masing-masing. Setelah menikmati makanan ringan, doa-doa yang lebih tradisional didaraskan.

Di samping pertemuan-pertemuan, ada aktivitas-aktivitas lain dalam komunitas. Mereka menyiapkan beberapa audio-tape dan CD dengan musik yang ditampilkan oleh anggota komunitas (termasuk lagu-lagu gitar, amsal dsb). Komunitas juga membuat retret tahunan dibawah bimbingan Bapa Andrey. Biasanya retret atau latihan-latihan spiritual diadakan selama lima hari. Tentu saja retret ini dilakukan sepenuhnya dalam Tradisi Timur.

Tidak ada karya amal atau pelayanan sosial terorganisir dalam komunitas. Tapi beberapa anggota membantu orang lain semampu mereka. Sebagai contoh, beberapa wanita mencucikan pakaian anak-anak untuk Suster-suster Missionaries of Charity secara teratur.

Kondisi Hidup
 
Bapa Andrey sendiri memiliki pendapatan relatif kecil, bagian utama dari dukungan finansialnya berasal dari Yayasan Jerman bernama Kirche in Not. Dia berkata bahwa dia dan komunitasnya tidak mendapat dukungan apapun dari pejabat-pejabat Gereja. “ Beberapa keluarga dari Komunitas ini memiliki banyak anak dan berpendapatan kecil, tapi Administration Caritas kami tidak mau menolong mereka”, kata Bapa Andrey. Dia tidak menerima dukungan finansial atau moral dari Klerus Latin lokal. Dia yakin bahwa mereka tidak tertarik pada eksistensi komunitasnya. 

The Home for the Missionaries of Charity

Komunitas tidak memiliki gedung gereja atau kapel apapun, sehingga satu-satunya keinginan mereka berkumpul untuk Liturgi tergantung pada Suster-suster MC yang memperbolehkan komunitas menggunakan kapel mereka. “Jika kami dapat memiliki gedung gereja sendiri, akan ada lebih banyak orang daripada sekarang.”, kata Bapa Andrey. Pada saat yang sama, berdasarkan Bapa Andrey, Otoritas Gereja lokal memandang Katolik Yunani sebagai karang penghalang dan masalah dalam hubungan ekumenis mereka dengan Gereja Ortodoks. Bapa Andrey tidak setuju dengan pandangan ini. Dia percaya bahwa jika Imam-imam dan awam Ortodoks dapat melihat perhatian, cinta dan hormat yang diberikan oleh Katolik Timur dari Otoritas lokal Gereja Latin, hal itu dapat jauh lebih cepat menuntun kepada reunifikasi/persatuan kembali. Tapi jelas bahwa otoritas lokal Gereja menghormati warisan timur dalam ucapan saja, dengan tindakan mereka yang sungguh berlawanan dengan ucapan mereka.

Russian-style icon near Missionaries of Charity Chapel

Permohonan Doa

Komunitas Katolik Yunani Rasul Kudus Petrus dan Andreas membutuhkan segera dukungan doa dari anda sekalian. Hal ini penting untuk seluruh Katolik Yunani di Rusia Barat. Sebagian besar dari mereka bahkan tidak ada secara resmi, dan tidak memiliki Imam yang dapat memberi mereka pelayanan pastoral yang layak sesuai dengan ritus terhormat mereka. Cinta dan doa kalian sangat penting dalam situasi krusial seperti ini.


Keterangan:
Catatan ini adalah hasil terjemahan dari:
tentang sebuah Komunitas Katolik Yunani di Moskow. 
pax et bonum